Khamis 08 / April / 2010
Dosen @ Pensyarah : Bapak Burhanuddin.
Judul : Agama-Agama Besar Dunia.
>> Agama terbahagi dalam 3 bahagian, pertama dalam bahasa sangsikita, kedua dalam bahasa latin, ketiga dalam bahasa eropah, keempat dalam bahasa Indonesia dan kelima dalam bahasa Arab.
-- Beberapa pendapat dalam bahasa Sangsikita, kata agama berasal dari Sangsikita ( tradisi ) tidak bergerak.
-- Dari bahasa latin ** aku blur time tue **
-- Dalam bahasa eropah : Agama itu sesuatu yang tidak dapat dicapai hanya dengan tenaga akal dan pendidikan saja. Agama itu kepercayaan kepada adanya kekuasaan yang mengatur yang bersifat luar biasa yang pencipta dan yang pengendali dunia, serta yang telah memberikan kudrat rohani kepada manusia yang berkelanjutan sampai sesudah manusia mati.
-- Dalam bahasa Indonesia : Agama itu hubungan manusia yang maha suci dan yang sinyatakan dala bentuk suci dan sikap hidup berdasarkan doktrin tertentu. Agama adalah sistem ataupun prinsip kepercayaan kepada tuhan, atau yang disebut dengan nama dewa nama lainnya dengan ajaran bakhtian dan kewajipan2 lainnya bertalian dengan kepercayaan tersebut.
-- Dalam bahasa Arab : Agama dalam bahasa arab adalah Dinn yang artinya taat akur dan setia paksaan, tekanan, penghambaan, perendahan diri, pemerinthan, kekuasaan, siasat, balasan, pengalaman, hidup, perhitungan amal dan hujan yang tidak tetap turunnya. " Sinonim kata Dinn dalam bahasa Arab adalah Millah, Millah lebih memberikan titik berat kepada ketetapan, aturan, hukum, tata tertib atau doktrin dari Dinn itu.
------------------------------------------------------------------------------------
Khamis 25 / March / 2010
Pensyarah @ Dosen : Bapak Burhanuddin.
--Pendekatan Geagrafis--
>> Hubungan antara agama terdapat pemikiran redup sionalisme dan menstrukturkan agama ke dalam perbagai tipologi, minimal ada beberapa pendekatan yang muncul dalam dalam meredupsikan ke dunia dalam berbagai bentuk, yaitu pendekatan geografis, historis dan teologis. Pendekata geagrafis menstrukturkan teologis agama menurut wilayah perkembangan.
>> Pendekatan historis menstrukturkan tipologi menurut asal usul dan kultural sedangkan pendekatan teologis menstrukturkan tipologi agama melalui kepercayaan atau isme, tiodosi dan tradisi sebagai ciri khas dari berbagai bentuk agama dunia. Secara geosentris terdapat kecenderungan untuk menstrukturkan agama ke dalam tipologi primitif dan non primitif. Agama primitif adalah satu tipologi agama yang berkembang dalam masyarakat primitif, yang secara geografis berada di wiliyah, masih tertinggal M. Doughlas memberi ciri agama ini dengan :
-- Tidak ada perbezaan sosial dan kultural.
-- Agama ini dianut oleh ras yang tersebar di seluruh dunia.
-- Tipologi agama ini oleh RN Bellah dipandang sebagai satu konstruksi kepercayaan tahap awal dari perkembangan agama dunia.
>> Secara geografis tipologi agama primitif dibilah ( dipilih2 ) menurut perkembangan maka muncullah agama Australia ( agama suku2 asli Australia, agama Dingka, agama kuno afrika, agama Polorasia, agama India, agama Mesir Kuno, agama tiongkok kuno, agama Romawi kuno, agama Mesopotamia kuno, agama Timur tengah kuno dan sebagainya. ). Menurut pandangan para ahli agama, agama2 primitif tersebut terduksi kepada 3 kebudayaan kuno secara goagrafis merupakan sentral perkembangan :
1.) Lembah Nil ( kebudayaan firaun bagi agama2 Mesir kuno )
2.) Lembah Enfrat ( kebudayaan karldani )
3.) Lembah Indrus ( kebudayaan Mahenjodaro )
>> Sementara wilayah lain berlembang agama primitif adalah Amerika tengah ( Mexico, agama maya, dan dataran tinggi Andress, Peru dan Chili ) bagi agama kebudayaan Incar disamping itu Marsell Mausell memandang istilah agma primitif hanya terbatas di wiliyah Australia merupakan wilayah utama dan kebudayaan utamayang sebahagian besar tidak dipengaruhi oleh kebudayaan neolotik.
>> Di Indonesia tipologi agama primitif dikenal dengan istilah suku Murbal. Secara geagrafis agama suku Murbal dipetakan ke dalam 3 wilayah perkembangan, yaitu agama suku Murbal di Indonesia di bahagian Timur dan Barat, juga di Sulawesi, agama suku Murbal Indonesia bahagian Timur dari agama suku Murbal Plores, Papua, Sumba. Agama suku Murbal kepulauan sebelah timur Pulau Alur sebelah timur laut, Timar. Serta agama suku Murbal suam di wiliyah Sulawesi terdiri dari agama suku Torojan dan Minah Hasa sedangkan di Indonesia bahagian Tapanuri dan Nias. Sedangkan tipologi agama non primitif secara terarah direduksikan dalam bentuk agama2 moderen, kerana agama2 yang dimaksud datangnya relatif lebih mutakhir dari agama2 primitif. Agama2 tersebut muncul di dalam masyarakat yang kurang leboh sudah tahu baca tulis dan didalamnya terdapat beberapa hal yang bersifat tersendental ( adanya unsur2 iman ).
>> Terdapat sekitar 11 agama besar dunia yang dikonstruksikan dalam bentuk agama yang secara goagrafis lahir di Asia, kemudian berkembang ke wilayah2 lain seperti : Amerika, Afrika, Eropah dan lain2. Seperti wilayah Asia Barat tersiri dari agama Yahudi Kritien dan Islam.
1.) Asia tengah dan Selatan terdiri dari agama Zaratusra, Brahma dan Hinduisme, Buddha Jainal, Asia Timur pula terdiri dari agama Sinto, Jepang dan Konghucu.
------------------------------------------------------------------------------------
Khamis 18 / March / 2010
Hari ni adalah hari pertama aku dan teman sekelasku, belajar subjet Agama-agama Besar Dunia yang mana sangat berkaitan dengan jurusan aku, Perbandingan Agama, jadi bapak @ Dosen @ Pensyarah aku tu nama dia Baharuddin, yang nak jadik cerita pasal beliau sebelum nie mengalami masalah Strok separuh badan, belah kanan, jadi apa yang diajar bapak tu agak suram sebab masalah yang beliau alami, "bila nak cakap macam sekat-sekat" tula yang bapak Baharuddin cakap.. jadi masa tu beliau cuma bagi silibus tentang mata kuliah yang kami belajar nanti..
** Silibus Agama-agama Besar Dunia **
1.) Bahasan Agama Penuh.
2.) Metodelogi Agama Penuh.
3.) Impologi Agama Penuh.
4.) Dasar Ajaran Agama.
5.) Konsepsi Ajaran Agama.
6.) Agama Penuh Mesopotamia @ Babilonia.
7.) Agama Mesir Kuno.
8.) Agama Yunani Kuno.
9.) Agama Romawi Kuno.
10.) Berbagai Konsep Kepercayaan Agama Kuno.
a.) Dewa.
b.) Dewa Tertinggi.
c.) Dinamisme.
d.) Animisme.
e.) Pitisme.
f.) Manna.
g.) Thotainisme.
h.) Saman dan Dukun.
i.) Magisme.
11.) Agama Suku Di Indonesia.
>> Buku-buku bacaan :
>> Abbas Mahmud Al-Aqad bukunya : Ketuhanan Sepanjang Ajaran Agama-Agama.
>> Daniel El, Fah bukunya : Seven Teoris Of Religion.
>> Agehunik bukunya : Ilmu Agama-Agama.
>> John Huneil bukunya : Ilmu Agama Dan Teori Kristien.
>> Ucaraningrat bukunya : Metode-metode Antropologi.
>> Zakiah Daradjat bukunya : Perbandingan Agama II.
-> Materi <- -- Kategori agama-agama besar dunia. 1.) Agama-agama di dunia boleh secara luas dikategorikan agama-agama smitik dan non smitik. 2.) Agama non smitik terbagi agama Arian dan agama non Arian. 3.) Agama-agama smitik adalah agama yang berasal dari bangsa Smith, menurut Bibel dan Kitab Injil Nabi Nuh mempunyai anak bernama "Sam". Keturunan dari Sam inilah diketahui sebagai bangsa Smith. Oleh kerana itu agama Smith merupakan agama berasal dari bangsa Yahudi, Arab, Sirian dan Ponisian. Agama smitik adalah agama yang diambil dan dianut oleh agama Yahudi, Kristien dan Islam. Semua agama ini merupakan agama yang bersifat keramalan dimana mempercayai pimpinan yang diutus oleh Tuhan melalui perantaraan Nabi. 4.) Agama-agama non smitik terlebih lanjut dibagi lagi dalam Arian dan non Arian, agama-agama Arian adalah agama yang berasal daro bangsa Arian dimana satu kelompok yang sangat kuat dari induk eropan yang berdakwah secara besar melalui Iran dan selatan India. -- Dari anak Nabi Nuh keturunan Sam jadilah agama Smitik. -- Arian menjajah Indian dan menyebarkan pahaman tentang agamanya, misal jika seseorang itu anak atau budak, maka selamanya ia adalah budak. -- Agama Arian lebih lanjut terbagi lagi dalam golongan fidik dan non fidik. Agama fidik cenderung deketahui sebagai Hindu @ Brahminisme sedangkan non fidik adalah sigisme, buddha, tanjainisme. hampir semua agama Arian tidak menganut pada kepercayaan ramalan Nabi-Nabi sedangkan Zrotisme adalah agama Arian yang beraliran non fidik dimana ia tidak bersosialisasi dengan agama Hindu. Yang menegaskan sebagai agama yang percaya akan ramalan nabi-Nabi. -- Agama-agama non Arian memiliki bermacam-macam asal usul, konpunisyanisme, tawisme, berasal dari China sedangkan Singtuanisme dari Jepang. Kebanyakan agama non Arian tidak memiliki konsep ketuhanan, mereka lebih suka memakai sistem etika sebagai kebaikan agama atau mereka memahami etika itu lebih baik dari agama.
Dosen @ Pensyarah : Bapak Burhanuddin.
Judul : Agama-Agama Besar Dunia.
>> Agama terbahagi dalam 3 bahagian, pertama dalam bahasa sangsikita, kedua dalam bahasa latin, ketiga dalam bahasa eropah, keempat dalam bahasa Indonesia dan kelima dalam bahasa Arab.
-- Beberapa pendapat dalam bahasa Sangsikita, kata agama berasal dari Sangsikita ( tradisi ) tidak bergerak.
-- Dari bahasa latin ** aku blur time tue **
-- Dalam bahasa eropah : Agama itu sesuatu yang tidak dapat dicapai hanya dengan tenaga akal dan pendidikan saja. Agama itu kepercayaan kepada adanya kekuasaan yang mengatur yang bersifat luar biasa yang pencipta dan yang pengendali dunia, serta yang telah memberikan kudrat rohani kepada manusia yang berkelanjutan sampai sesudah manusia mati.
-- Dalam bahasa Indonesia : Agama itu hubungan manusia yang maha suci dan yang sinyatakan dala bentuk suci dan sikap hidup berdasarkan doktrin tertentu. Agama adalah sistem ataupun prinsip kepercayaan kepada tuhan, atau yang disebut dengan nama dewa nama lainnya dengan ajaran bakhtian dan kewajipan2 lainnya bertalian dengan kepercayaan tersebut.
-- Dalam bahasa Arab : Agama dalam bahasa arab adalah Dinn yang artinya taat akur dan setia paksaan, tekanan, penghambaan, perendahan diri, pemerinthan, kekuasaan, siasat, balasan, pengalaman, hidup, perhitungan amal dan hujan yang tidak tetap turunnya. " Sinonim kata Dinn dalam bahasa Arab adalah Millah, Millah lebih memberikan titik berat kepada ketetapan, aturan, hukum, tata tertib atau doktrin dari Dinn itu.
------------------------------------------------------------------------------------
Khamis 25 / March / 2010
Pensyarah @ Dosen : Bapak Burhanuddin.
--Pendekatan Geagrafis--
>> Hubungan antara agama terdapat pemikiran redup sionalisme dan menstrukturkan agama ke dalam perbagai tipologi, minimal ada beberapa pendekatan yang muncul dalam dalam meredupsikan ke dunia dalam berbagai bentuk, yaitu pendekatan geografis, historis dan teologis. Pendekata geagrafis menstrukturkan teologis agama menurut wilayah perkembangan.
>> Pendekatan historis menstrukturkan tipologi menurut asal usul dan kultural sedangkan pendekatan teologis menstrukturkan tipologi agama melalui kepercayaan atau isme, tiodosi dan tradisi sebagai ciri khas dari berbagai bentuk agama dunia. Secara geosentris terdapat kecenderungan untuk menstrukturkan agama ke dalam tipologi primitif dan non primitif. Agama primitif adalah satu tipologi agama yang berkembang dalam masyarakat primitif, yang secara geografis berada di wiliyah, masih tertinggal M. Doughlas memberi ciri agama ini dengan :
-- Tidak ada perbezaan sosial dan kultural.
-- Agama ini dianut oleh ras yang tersebar di seluruh dunia.
-- Tipologi agama ini oleh RN Bellah dipandang sebagai satu konstruksi kepercayaan tahap awal dari perkembangan agama dunia.
>> Secara geografis tipologi agama primitif dibilah ( dipilih2 ) menurut perkembangan maka muncullah agama Australia ( agama suku2 asli Australia, agama Dingka, agama kuno afrika, agama Polorasia, agama India, agama Mesir Kuno, agama tiongkok kuno, agama Romawi kuno, agama Mesopotamia kuno, agama Timur tengah kuno dan sebagainya. ). Menurut pandangan para ahli agama, agama2 primitif tersebut terduksi kepada 3 kebudayaan kuno secara goagrafis merupakan sentral perkembangan :
1.) Lembah Nil ( kebudayaan firaun bagi agama2 Mesir kuno )
2.) Lembah Enfrat ( kebudayaan karldani )
3.) Lembah Indrus ( kebudayaan Mahenjodaro )
>> Sementara wilayah lain berlembang agama primitif adalah Amerika tengah ( Mexico, agama maya, dan dataran tinggi Andress, Peru dan Chili ) bagi agama kebudayaan Incar disamping itu Marsell Mausell memandang istilah agma primitif hanya terbatas di wiliyah Australia merupakan wilayah utama dan kebudayaan utamayang sebahagian besar tidak dipengaruhi oleh kebudayaan neolotik.
>> Di Indonesia tipologi agama primitif dikenal dengan istilah suku Murbal. Secara geagrafis agama suku Murbal dipetakan ke dalam 3 wilayah perkembangan, yaitu agama suku Murbal di Indonesia di bahagian Timur dan Barat, juga di Sulawesi, agama suku Murbal Indonesia bahagian Timur dari agama suku Murbal Plores, Papua, Sumba. Agama suku Murbal kepulauan sebelah timur Pulau Alur sebelah timur laut, Timar. Serta agama suku Murbal suam di wiliyah Sulawesi terdiri dari agama suku Torojan dan Minah Hasa sedangkan di Indonesia bahagian Tapanuri dan Nias. Sedangkan tipologi agama non primitif secara terarah direduksikan dalam bentuk agama2 moderen, kerana agama2 yang dimaksud datangnya relatif lebih mutakhir dari agama2 primitif. Agama2 tersebut muncul di dalam masyarakat yang kurang leboh sudah tahu baca tulis dan didalamnya terdapat beberapa hal yang bersifat tersendental ( adanya unsur2 iman ).
>> Terdapat sekitar 11 agama besar dunia yang dikonstruksikan dalam bentuk agama yang secara goagrafis lahir di Asia, kemudian berkembang ke wilayah2 lain seperti : Amerika, Afrika, Eropah dan lain2. Seperti wilayah Asia Barat tersiri dari agama Yahudi Kritien dan Islam.
1.) Asia tengah dan Selatan terdiri dari agama Zaratusra, Brahma dan Hinduisme, Buddha Jainal, Asia Timur pula terdiri dari agama Sinto, Jepang dan Konghucu.
------------------------------------------------------------------------------------
Khamis 18 / March / 2010
Hari ni adalah hari pertama aku dan teman sekelasku, belajar subjet Agama-agama Besar Dunia yang mana sangat berkaitan dengan jurusan aku, Perbandingan Agama, jadi bapak @ Dosen @ Pensyarah aku tu nama dia Baharuddin, yang nak jadik cerita pasal beliau sebelum nie mengalami masalah Strok separuh badan, belah kanan, jadi apa yang diajar bapak tu agak suram sebab masalah yang beliau alami, "bila nak cakap macam sekat-sekat" tula yang bapak Baharuddin cakap.. jadi masa tu beliau cuma bagi silibus tentang mata kuliah yang kami belajar nanti..
** Silibus Agama-agama Besar Dunia **
1.) Bahasan Agama Penuh.
2.) Metodelogi Agama Penuh.
3.) Impologi Agama Penuh.
4.) Dasar Ajaran Agama.
5.) Konsepsi Ajaran Agama.
6.) Agama Penuh Mesopotamia @ Babilonia.
7.) Agama Mesir Kuno.
8.) Agama Yunani Kuno.
9.) Agama Romawi Kuno.
10.) Berbagai Konsep Kepercayaan Agama Kuno.
a.) Dewa.
b.) Dewa Tertinggi.
c.) Dinamisme.
d.) Animisme.
e.) Pitisme.
f.) Manna.
g.) Thotainisme.
h.) Saman dan Dukun.
i.) Magisme.
11.) Agama Suku Di Indonesia.
>> Buku-buku bacaan :
>> Abbas Mahmud Al-Aqad bukunya : Ketuhanan Sepanjang Ajaran Agama-Agama.
>> Daniel El, Fah bukunya : Seven Teoris Of Religion.
>> Agehunik bukunya : Ilmu Agama-Agama.
>> John Huneil bukunya : Ilmu Agama Dan Teori Kristien.
>> Ucaraningrat bukunya : Metode-metode Antropologi.
>> Zakiah Daradjat bukunya : Perbandingan Agama II.
-> Materi <- -- Kategori agama-agama besar dunia. 1.) Agama-agama di dunia boleh secara luas dikategorikan agama-agama smitik dan non smitik. 2.) Agama non smitik terbagi agama Arian dan agama non Arian. 3.) Agama-agama smitik adalah agama yang berasal dari bangsa Smith, menurut Bibel dan Kitab Injil Nabi Nuh mempunyai anak bernama "Sam". Keturunan dari Sam inilah diketahui sebagai bangsa Smith. Oleh kerana itu agama Smith merupakan agama berasal dari bangsa Yahudi, Arab, Sirian dan Ponisian. Agama smitik adalah agama yang diambil dan dianut oleh agama Yahudi, Kristien dan Islam. Semua agama ini merupakan agama yang bersifat keramalan dimana mempercayai pimpinan yang diutus oleh Tuhan melalui perantaraan Nabi. 4.) Agama-agama non smitik terlebih lanjut dibagi lagi dalam Arian dan non Arian, agama-agama Arian adalah agama yang berasal daro bangsa Arian dimana satu kelompok yang sangat kuat dari induk eropan yang berdakwah secara besar melalui Iran dan selatan India. -- Dari anak Nabi Nuh keturunan Sam jadilah agama Smitik. -- Arian menjajah Indian dan menyebarkan pahaman tentang agamanya, misal jika seseorang itu anak atau budak, maka selamanya ia adalah budak. -- Agama Arian lebih lanjut terbagi lagi dalam golongan fidik dan non fidik. Agama fidik cenderung deketahui sebagai Hindu @ Brahminisme sedangkan non fidik adalah sigisme, buddha, tanjainisme. hampir semua agama Arian tidak menganut pada kepercayaan ramalan Nabi-Nabi sedangkan Zrotisme adalah agama Arian yang beraliran non fidik dimana ia tidak bersosialisasi dengan agama Hindu. Yang menegaskan sebagai agama yang percaya akan ramalan nabi-Nabi. -- Agama-agama non Arian memiliki bermacam-macam asal usul, konpunisyanisme, tawisme, berasal dari China sedangkan Singtuanisme dari Jepang. Kebanyakan agama non Arian tidak memiliki konsep ketuhanan, mereka lebih suka memakai sistem etika sebagai kebaikan agama atau mereka memahami etika itu lebih baik dari agama.
2 comments:
salam...actually saya dah baca komen kamu dan balas..hihihi..xtau saya nak komen kat ner..so saya letak la kat sini..
kita boleh bertukar-tukar info..u are the best... :)
huhu, ayat yang direkayasa....haha.. ok jer.. trimas sudi runner2 lam blog nie eh.. :-)
Post a Comment