Friday, May 27, 2011

Beza Perjanjian Lama dengan Perjanjian Baru, Siapakah Paulus?


1. Apakah yang menjadi perbezaan antara Perjanjian Baru dengan Perjanjian Lama?


Jawapan :

- Perjanjian Lama dikenali dengan Taurat, ummat yang berpegang pada kitab Taurat adalah ummat Yahudi. Rasul atau Nabi yang membawa Kitab Taurat adalah Nabi Musa Alaihissalam. Perjanjian Lama juga diperkuat oleh kitab lain yaitu Talmud malah Talmud menjadi kitab utama berbanding Kitab Taurat. Kitab2 dari Perjanjian Lama antara lain adalah dari cerita2 awal, puisi dan ramalan2. Antara fasal yang ada pada Perjanjian Lama adalah Taurah, Fasal Kenabian, Fasal Syair dan Hikmah. Perjanjian Baru pula dibawa oleh Nabi Allah Isa as kitab yang dibawa beliau dikenali dengan Injil. Di dalam Injil termuat sebanyak 27 judul, dari 27 judul tersebut pula terdapat empat bahagian penting darinya yaitu ( Gospels, Act Of Apostles, Epistles dan Apocalypse ). Sebagai penambahan nabi Isa duga dikenali dengan Yesus atau Jesus sebagai nabi kepada umat Israel.


2. Bagaimana bisa terjadinya panggilan Christian terhadap umat Kristen sendiri?


Jawapan :

- Pada awalnya, Kristen dipanggil dengan Early Christians berarti pengikut Yesus yang paling awal sekali. Mereka juga dipanggil dengan Nazareth oleh kaum2 Yahudi, Nazareth pula adalah sebuah tempat tinggal keluarganya Nabi Isa. Kemudian Nazareth diterjemahkan mengikut terjemahan bahasa Indonesia maka jadilah ia Nasrani. Setelah wafatnya Nabi Isa @ Yesus, bermulalah ajaran2 dari Paulus dan Barnaba. Dalam ajaran2 mereka, mereka seringkali mengatakan bahwa Yesus itu Kristos (Almasih) disebabkan seringnya mereka dengan pembawaan begitu, masyarakat setempat mula memanggil mereka dengan panggilan Kristos (Christians). Apabila diterjemahkan mengikut bahasa Indonesia adalah Kristen.


3. Siapakah Paulus?


Jawapan :

- Paulus adalah seorang manusia yang dinobatkan sebagai Rasul pengganti Yesus, setelah berimannya beliau dari ajaran agama Yahudi. Nama asal Paulus adalah Saul, pada waktu kecil beliau telah dibawa oleh keluarganya agar disekolahkan di sekolah Yahudi. Selama di sekolah Yahudi, Paulus begitu fanatik dengan agama Yahudi sehingga beliau sangat bermusuh dengan pengikut Yesus. Lalu rahib Yahudi yang terlihat begitu extrem jih si Paulus, beliau dikerah agar mengepalai pasukan untuk menyerang pengikut Yesus dan membunuh habis dari kalangan mereka. Setelah semua habis dibunuh, lalu ada segelintir dari pengikut Yesus yang lari ke Damaskus dan dikejar oleh Paulus dan kelompoknya ke Damaskus. Mengikut kajian di buku Bible, Quran dan Sains Modern karangan Dr Maurice Brucaille, Paulus terlihat cahaya yang begitu terang dan bunyi yang sangat kuat. Di situlah Paulus bertaubat dan berimana kepada Yesus Kristus.

PS : sebenar ni tugas wadud jer.. hehehe mengikut dari asemen yang dibuat.. kan mudah jer dah jawap kalau kita kuasai? kiranya soalan2 tu wadud dah ringkaskan, kiranya tak macam dalam asemen panjang lebor kan.. ^_^
Share:

0 comments: